Gpr9BSriGpO6TfC8TSr7GSGlBA==

Dispar Kalsel Dorong Promosi Geopark Meratus Setelah Diusung ke UNESCO Global Geoparks

 

Dispar Kalsel Dorong Promosi Geopark Meratus Setelah Diusung ke UNESCO Global Geoparks
Source: ANTARA

KEDIRITERKINI.ID-Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan (Dispar Kalsel) kini gencar mempromosikan dan menyosialisasikan Geopark Meratus setelah kawasan tersebut diusung menjadi bagian dari UNESCO Global Geoparks (UGGp). Sosialisasi ini dilakukan, antara lain, pada acara Kalsel Expo 2024, sebagai bagian dari upaya memperkenalkan potensi alam dan pariwisata Kalimantan Selatan ke kancah internasional.


“Kami juga turut menyosialisasikan Geopark Meratus, mengingat saat ini Geopark Meratus juga sedang diusung menjadi UNESCO Global Geoparks,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dispar Provinsi Kalsel, Muhammad Noor, di Banjarbaru, Jumat (20/9/2024).


UNESCO telah menggelar sidang pertemuan UGGp Council di Non Nuoc Cao Bang, Provinsi Cao Bang, Vietnam, pada 8-9 September 2024, untuk menilai Geopark Meratus dan mengkajinya sebagai calon anggota UGGp. Selain Geopark Meratus, Geopark Kebumen juga tengah dipertimbangkan untuk menjadi bagian dari daftar UNESCO Global Geoparks.


Sidang tersebut mengevaluasi 17 aplikasi aspiring UGGp dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Brasil, Kanada, China, Italia, Meksiko, Maroko, Norwegia, Korea Selatan, Arab Saudi, Spanyol, Tanzania, Inggris, dan Vietnam.


Promosi UMKM dan Pariwisata Kalsel


Dalam rangka mendukung promosi Geopark Meratus, Dispar Kalsel juga melibatkan puluhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari 13 kota dan kabupaten di wilayah tersebut. UMKM ini menampilkan produk unggulan lokal dengan beragam kreativitas. 


Tidak hanya itu, Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan juga menggandeng "Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies" (ASITA) Kalsel untuk mempromosikan paket-paket perjalanan wisata unggulan yang ada di Kalimantan Selatan, yang dikenal dengan sebutan Banua.


“Kami bersama ASITA juga menyediakan layanan VR wisata 360 yang bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung Kalsel Expo 2024,” tambah Noor.


Dengan penyediaan layanan VR ini, pengunjung dapat merasakan pengalaman wisata secara virtual, termasuk keindahan Geopark Meratus, sehingga diharapkan bisa memicu minat wisatawan untuk berkunjung secara langsung.


Peningkatan Promosi Ekonomi Kreatif


Noor mengharapkan melalui ajang Kalsel Expo 2024, promosi bagi para pelaku ekonomi kreatif di sektor pariwisata dapat semakin berkembang. Pameran ini dianggap sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kalimantan Selatan, terutama dengan adanya Geopark Meratus yang tengah diusung ke UNESCO.


Kalsel Expo 2024 sendiri digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dari tanggal 18 hingga 22 September 2024 di Lapangan Dr. Murjani, Kota Banjarbaru. Acara ini bertujuan untuk menampilkan berbagai produk unggulan dari UMKM lokal, yang diharapkan dapat menggerakkan perekonomian daerah.


Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, menjelaskan bahwa Kalsel Expo 2024 merupakan ajang untuk mengeksplorasi potensi ekonomi dari berbagai sektor di Kalimantan Selatan. Pameran ini menyajikan parade produk-produk terbaik yang dihasilkan oleh pelaku ekonomi kreatif di wilayah tersebut, dan menjadi kesempatan bagi provinsi yang dijuluki "Bumi Lambung Mangkurat" untuk menunjukkan keunggulan ekonominya.


Promosi Geopark Meratus dan berbagai produk kreatif Kalimantan Selatan diharapkan dapat menarik perhatian baik wisatawan lokal maupun internasional, sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisata dan memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi daerah.


pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
banner pasang iklan 970x90 pewarta network